Ribuan Personel Polisi Di Surabaya Siap Amankan TPS Pemungutan Suara Hari Besok

Tohavit.com – Ribuan personel yang berjumlah 1.312 personel polisi saat ini telah disebar untuk mengamankan dan juga mengawal jalannya proses pemungutan suara dalam Pilkada Jatim 2018 pada 27 Juni 2018. Ribuan personel polisi tersebut akan disebar di 3.431 TPS di Surabaya.

“Hari ini kami melakukan pengecekan personel sebelum diterjunkan di TPS-TPS di wilayah masing-masing. Saya harap semuanya bekerja secara maksimal untuk menjaga Kota Surabaya aman,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan saat memimpin Operasi Mantab Praja Semeru 2018 di halaman Mapolrestabes Surabaya, Senin (25/6/2018).

Selain itu juga pihaknya menuturkan, demi bisa menjadikan situasi aman saat pengamanan di TPS-TPS di wilayahnya masing-masing. Ia mengimbau kepada jajaranya untuk saling bersinergi.

“Hari ini kami dalam momen penting dalam pesta demokrasi yakni pemungutan suara dan penghitungan suara. Untuk itu ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mengamankan Pilkada. Agar masyarakat bisa suka cita saat datang ke TPS. Mari ciptakan suasana yang aman dan kondusif,” ujar Rudi.

Rudi juga berpesan kepada seluruh anggotanya agar bersikap netral saat Pilkada Jatim 2018. Dengan menujukan sikap netral akan menjadi totalitas saat bertugas.

“Netralitas sebagai anggota Polri adalah harga mati. Mulai dari jabatan terbawah hingga teratas,” ungkap Rudi.

Selain itu, di hadapan ribuan anggota polisi, Rudi mengimbau untuk mengamankan dan mengawal logistik surat suara Pilkada Jatim.

“Semua dilarang memasuki lingkungan TPS, kecuali diminta oleh ketua TPS. Dilarang melakukan perhitungan suara. Laporkan jika terjadi kerawanan,” ungkap Rudi

Selain itu, saat melakukan pengamanan di TPS petugas tidak diperbolehkan membawa senjata api.

“Mereka hanya dilengkapi dengan tongkat, peluit, borgol, buku saku, dan ban lengan saja,” ungkap Rudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *