Puluhan Personel TNI Bersihkan Sampah Dengan Alat Keruk

Tohavit.com – Tumpukan sampah yang telah menimbun di Jembatan Sungai Cikeruh, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, hari ini sedang dalam proses pembersihan yang dilakukan personel Kodam III Siliwangi dan Muspika Kecamatan Bojongsoang.

Sampah yang berasal dari berbagai jenis menumpuk sudah hampir selama sepekan ini dikeruk dengan menggunakan bantuan alat berat lalu diangkut dengan menggunakan truk.

“Kami lakukan pengerukan sekitar Pukul 13.00 WIB. Sampai sore ini (Pukul 17.00 WIB) sudah 20 truk sampah yang ada di jembatan tersebut kami angkut,” kata Dansektor VI Citarum Harum Kolonel Yudi melalui Subsektor Kapten Inf Nasrul, Rabu (28/2/2018).

Kegiatan yang dilakukan guna membersihkan sampah yang menumpuk tersebut dilakukan dengan menerjunkan sekitar 22 personel TNI yang tergabung dalam Satgas Citarum Harum dan dibantu puluhan warga Desa Tegalluar.

“Sudah kami bersihkan, paling sekitar 10 truk lagi. Mudah-mudahan hari ini dapat selesai dan sampah yang ada di sungai bersih,” ujarnya.

Tumpukan sampah yang hampir menggunung tersebut berasal dari Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. “Sampah berasal dari Gedebage, Rancaekek, Cibiru, Cileunyi dan anak sungai Cinambo yang mengalir ke Sungai Cikeruh,” ucap Nasrul.

Tidak hanya itu saja, ketika banjir datang Kabupaten Bandung, sampah yang mengalir dari arah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung (wilayah timur) menumpuk di lokasi tersebut karena jembatan Cikeruh rendah.

“Jembatannya rendah, apalagi kalau debit air meninggi maka sampah akan tersendat di jembatan itu,” katanya.

Dirinya mengaku begitu berharap dengan melalui Program Citarum Harum yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, masyarakat Jawa Barat, khususnya warga kota kabupaten Bandung untuk menjaga Sungai Citarum dan tidak membuang sampah ke aliran sungai.

“Kami imbau kepada warga untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai. Bukan hanya sekadar itu, kami juga mengajak kepada masyarakat untuk mengubah cara berpikir PHBS (pola hidup bersih sehat),” tutur Nasrul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *