135 Personel Diterjunkan Untuk Padamkan Api Di Aceh

Tohavit.com – Insiden kebakarang telah terjadi di sebuah wilayah hutan dan juga lahan yang berada di Aceh Barat, Aceh. Kebakaran semakin meluas akibat tiupan angin yang semakin kencang menjadikan kobaran api semakin membesar.

Hingga saat ini sudah dilaporkan ada sebanyak empat kecamatan yang menjadi dampak dari kebakaran tersebut. Keempat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Kaway XVI, dan Arongan Lambalek.

“Saat ini karhutla terjadi di empat kecamatan di Aceh Barat. Luas lahan yang terbakar belum dapat dihitung jumlahnya,” kata Sekretaris BPBD Aceh Barat Edison, Senin (23/10/2017) malam.

Penanganan pemadaman api yang saat ini dilakukan melibatkan tim BPBD bersama unsur terkait dengan menerjunkan sebanyak 135 personel damkar lengkap dengan mobil unit damkar dan juga mesin pompa air portable posko penanganan di BPBD Kabupaten Aceh Barat.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang mendeteksi lima titik panas di sejumlah kawasan di Aceh. Tiga terdeteksi di Kabupaten Aceh Barat dan dua di Kabupaten Gayo Lues.

“Untuk Aceh Barat terdapat tiga titik panas di Kecamatan Johan Pahlawan, sementara di Kabupaten Gayo Lues terdapat dua titik di Kecamatan Blangjereumo,” kata prakirawan BMKG Stasiun Blang Bintang, Zakaria

Zakaria menyebutkan titik panas itu memiliki tingkat kepercayaan 81-100 persen. Hingga pukul 15.45 WIB, terpantau lima titik panas berada di Provinsi Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *